Ukuran Cetak Foto Polaroid dan Cara Membuatnya


Buat kamu yang masih bingung mengenai ukuran foto polaroid, maka bisa simak ulasan lengkapnya dalam artikel ini dan kami juga sajikan tutorial cara mudah dalam membuat foto ini menggunakan photoshop yang bisa kalian simak nanti.

Banyak orang yang suka dengan kamera ini, selain hasil jepretan yang bisa dikatakan unik dan vintage juga menjadi sebuah bagian seni dalam dunia fotogerafi modern. Akan tetapi memang khusus bagi pemula juga banyak yang tidak mengerti jika kamera ini memiliki beberapa standar ukuran baku nah kita akan bahas lengkap ya.

Untuk proses cetak sendiri memang gampang, anda bisa cetak seperti biasa saja. Namun perbedaan mendasar dengan ukuran foto pada umumnya hanya pada ukuranya saja. Secara umum, foto polaroid standar yang kerap digunakan yakni dengan ukuran 7,7 x 9,3 cm mesiki demikian banyak juga pilihan ukuran lain ini berlaku secara umum saja.

Selain itu kamu juga bisa mencoba ukuran berbeda misalkan saja, separuh ukuran 3R yaitu 12,7 x 8,9 cm yang nantinya dipotong.

Perbandingan Ukuran Foto Polaroid dan Ukuran Cetak Pas Foto

Intinya cetakan foto dari kamera ini idelanya akan lebih kecil dari ukuran 3R. Makanya kadang jika kamu ke percetakan foto yang kecil mereka tidak memiliki kertas khusus karena memang ada kertasnya sendiri untuk mencetak hasil dari kamera ini. Berikut ini daftar ukuran cetak pas foto yang biasa ditandai dengan ukuran "R":


Ukuran foto dalam RUkuran dalam cmUkuran dalam inchi
2R5,6 x 8,9 cm2 x 3,5 inchi
3R8,9 x 12,7 cm3,5 x 5 inchi
4R10,2 x 15,2 cm4 x 6 inchi
5R12,7 x 17,8 cm5 x 7 inchi
6R15,2 x 20,3 cm6 x 8 inchi
8R20,3 x 25,4 cm8 x 10 inchi
8R Jbo20,3 x 30,5 cm8 x 12 inci
11R28 x 35 cm11 x 14 inchi
12R30 x 40 cm12 x 15 inchi
12R Jbo30 x 45 cm12 x 18 inchi
16R40 x 50 cm16 x 20 inchi
20R50 x 60 cm20 x 24 inchi
22R50 x 75 cm20 x 29,5 inchi
24R60 x 90 cm24 x 31,5 inchi
30R75 x 100 cm30 x 40 inchi

Perhatikan tabel ukuran diatas, dimana 
 ukuran foto polaroid sendiri tidak termasuk di dalamnya. Karena kertas foto di polaroid sendiri tidaklah sama dengan apa yang biasa digunakan dalam cetakan foto pada umumnya. 

Nah, tentu makanya kami anjurkan anda harus wajib tau dulu ukuran kertasnya juga ya sehingga hasilnya maksimal nanti. 

Berikut kami share cara membuat, mengedit foto polaroid ini menggunakan aplikasi photoshop dengan 16 langkah sederhana.

Cara Membuat Foto Ukuran Polaroid Dengan Menggunakan Photoshop


Sekali lagi bagi pecinta dunia photography kamera ini wajib kalian miliki, mesiki memang pada kamera lain ada fiture yang sama namun hasilnya tidak seunik jeperetan dari kamera polaroid ini kesan kesan seperti lebih ke sisi vintage, oldies, private, sangat mudah kamu dapatkan.


Namun ulasan ini tentu saja akan memberikan kamu cara memanipulasi hasilnya karena menggunakan bantuan software edit photo terbaik sepanjang masa maka apa saja bisa kamu perbuat termasuk dalam mengubah hasil jepretan kamera biasa dengan hasil mirip polaroid asli.
  1. Buatlah lembar kerja baru dengan ukuran 575 x 575 px dan backgound warnanya #887671.
  2. Kemudian, buat sebuah kotak dengan menggunakan Rounded Rectangular Tool (U) di tengah-tengah lembar kerja yang baru saja Anda buat. Berikan warna putih sebagai warna dasarnya. Kotak ini nantinya akan Anda jadikan sebagai frame foto Anda.
  3. Jika ingin mengatur letak posisinya di tengah-tengah lembar kerja, klik di layer kotak yang Anda buat, tekan shortcut ctrl + A pada keyboard Anda untuk menyeleksi seluruh area.
  4. Setelah itu, tekan tombol V dan klik pada Align Vertical Centers maupun Align Horizontal Centers yang terdapat di bagian menu lembar kerja. Kemudian, Anda bisa lihat hasil kotaknya sudah berada di tengah-tengah lembar kerja Anda.
  5. Langkah selanjutnya membuat foto ukuran polaroid adalah menambahkan sebuah dimensi supaya frame Anda bisa menjadi lebih realistik. Di Pallete Layer, sebaiknya, berikan nama pada layer-nya agar Anda tidak bingung. Nama layer yang dipakai di langkah-langkah ini bernama “frame putih”. Klik kanan pada frame putih, lalu pilih Blending Options.
  6. Buat New Layer, lalu buat lagi sebuah kotak berwarna putih yang ukurannya lebih kecil dari frame sebelumnya.
  7. Masukkan foto yang ingin Anda jadikan foto ukuran polaroid ke dalam frame yang tadi Anda buat. Lalu, posisikan foto yang Anda pilih yang menurut Anda cocok di tempatkan.
  8. Perhatikan layer foto Anda di Pallete Layer. Jika Anda mengarahkan pointer-nya sembari menekan tombol Alt di antara layer foto dengan layer frame kedua, akan muncul sebuah icon Clipping Mask
  9. Klik di icon Clipping Mask untuk mengaktifkan Clipping Mask di kedua layer
  10. Selanjutnya, buatlah New Layer lagi di atas laye
  11. Tekan tombol Z untuk Zoom Out tampilan lembar kerja Anda. Perkecil tampilan tersebut sampai sekecil-kecilnya. Jika sudah, tekan tombol B, lalu buatlah sebuah titik pada bagian kecil titik tersebut. Namun, saat membuat titiknya, foto Anda tetap dalam ukuran yang besar.
  12. Ubah ukuran Brush Anda menjadi sangat besar. Dalam contoh di artikel ini menggunakan ukuran 800.
  13. Klik pada layer yang terakhir Anda buat dengan Brush yang tadi Anda perbesar
  14. Satukan warna yang ada pada layer frame putih dengan Brush tadi dengan foto yang sudah Anda Clipping Mask.
  15. Jika sudah, Anda dapat menambahkan kata-kata yang Anda ingingkan.
  16. Dengan ini, foto ukuran polaroid Anda sudah selesai. Anda bisa mencetaknya untuk disimpan atau diberikan kepada kerabat dekat Anda maupun orang yang Anda sayangi.
Baik, sampai sini sekarang sahabat tidak hanya tau berapa ukuran standar foto polaroid ini namun bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan aplikasi photoshop semoga membantu ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel